Rabu, 20 Juli 2016

Cara Budidaya Kepiting Bakau lengkap

Cara Budidaya Kepiting Bakau lengkap - Hallo sahabat Budidaya, Artikel yang sedang anda baca kali ini berjudul Cara Budidaya Kepiting Bakau lengkap, semoga artikel ini bermanfaat dan kami juga telah mengucapkan terimakasi kepada anda karena telah berkunjung di blog kami. Mudah-mudahan isi postingan Artikel Budidaya, Artikel Kepiting, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Budidaya Kepiting Bakau lengkap
link : Cara Budidaya Kepiting Bakau lengkap

Baca juga


Cara Budidaya Kepiting Bakau lengkap

Pecinta kuliner pasti pernah merasakan enaknya atau lezatnya masakan kepiting, selain rasanya yang lezat kepiting juga mempunyai gizi yang tinggi, bahkan kepiting tersebut sangat di butuhkan oleh pasar ekspor oleh karenanya kepiting perlu juga di budidayakan. Memang harga kepiting lumayan mahal per kilo gramnya, akan tetpi peminat dan penghobi kepiting begitu banyak sehingga kepiting ini salah satu komoditi yang perlu dan layak mendapatkan perhatian lebih karena bisa menguntungkan bagi orang yang mau membudidayakannya. 

Pada kai ini saya akan membahas tentang cara budidaya kepiting bakau lengkap dengan pemilihan lokasi dan pakannya agar anda bisa menjadi pembudidaya kepiting bakau yang sukses.

Apa sebabnya kita harus membudidayakan kepiting tersebut ? bukannya di alam juga banyak ? betul sekali di alam memang banyak namun sulit untuk di dapatkan dan juga tidak akan mampu menutup kebutuhan pasar yang selama ini membutuhkannya. Oleh karenanya Lokasi untuk budidaya kepiting bakau sangatlah penting sekali, intinya untuk lokasi tersebut utamakan yang jauh dari polusi dan juga akses yang mudahuntuk menuju ke lokasi. 
 
Cara Budidaya Kepiting Bakau lengkap

Untuk membudidayakan kepiting kita harus tahu dulu jenis kepiting apa saja yang mempunyai nilai atau harga yang mahal dan kualitas yang baik, berikut ini adalah jenis-jenis kepiting yang layak anda budidayakan agar anda menjadi pembudidaya kepiting yang sukses.

  1. Kepiting Scylla serrata, jenis ini mempunyai ciri warna keabu-abuan sampai warna hijau kemerah-merahan.
  2. Kepiting Scylla oceanica, berwarna kehijauandan terdapat garis berwarna coklat pada hampir seluruh bagian tubuhnya kecuali bagian perut.
  3. Kepiting Scylla transquebarica, berwarna kehijauan sampai kehitaman dengan sedikit garis berwarna coklat pada kaki renangnya.

Dari ketiga jenis kepiting tersebut diatas, Scylla serrata pada umur yang sama umumnya berukuran lebih kecil dibandingkan kedua jenis lainnya. Tetapi dari segi harga dan minta pembeli, jenis pertama tadi lebih unggul. Hal pertama yang akan kita bahas setelah mengethui jenis terbaiknya yaitu lokasi budidaya. 
Cara Budidaya Kepiting Bakau lengkap

Lokasi Budidaya Kepiting
kedalaman tambak 0,8-1,0 meter
salinitas 15-30 ppt
Tanah tambak berlumpur dengan tekstur tanah liat berpasir (sandy clay) atau lempung berliat (silty loam)
pasang surut antara 1,5-2 meter.

Faktor yang paling utama, untuk kesuksesan budidaya kepiting bakau adalah, factor alam yang harus di perhatikan yakni harus terbebas dari polusi pencemaran. Untuk factor lainnya agar usaha budidaya kepiting bakau kita sukses kita juga harus memperhatikan hal berikut ini:

1. SDM yang bertanggung jawab, jujur, dan gesit
2. Pakan yang pas
3. Pemasaran yang seimbang dengan produksi

Methode Budidaya Kepiting Bertelur
Siapa yang tidak ingin dirinya sukses ? tentunya semua orang menginginkan akan hal tersebut oleh karenanya berbagai method di terapkan agar budidaya  kepiting bakau kita menjadi sukses. Berikut ini adalah 2 methode budidaya kepiting yang harus diterapkan.

1. Metode Kurungan
untuk method ini adalah Bahan kurungan terbuat dari bambu dengan panjang 1,7 meter. susunlah secara teratus menyesuaikan kondisi kolam. pastikan kurungan tersebut mendapatkan pasang surut air yang bagus. Letakkan sebaik mungkin agar kepiting juga tidak dapat lolos.

2. Methode Karamba Apung
Untuk budidaya kepiting bertelur bisa juga menggunakan methode tersebut caranya adalah anda harus membuat kere dari bahan bamboo setelah itu anda sesuaikan keramba tersebut dengan kondisi alam dan juga anda harus memperhatikan penggunaan pelampung dari gabus/bola atau sejenisnya, yang bertujuan agar keramba tersebut tidak tenggelam.

Catatan :
Untuk kepiting petelur, Kepiting akan bertelur sekitar 10-15 hari, tergantung indukan saat dibudidayakan. Untuk kepiting dengan berat 150 gram sudah terdapat telur di dalamnya.
Penggemukan kepiting, 

Dengan jangka waktu sekitar 5-10 hari, kepiting sudah terlihat gemuk dan berisi dengan satu catatan pemeliharaannya harus baik. Adapun teknis dan budidayanya sama saja dengan 2 methode diatas.

Daftar Pakan Kepiting 
  1. Ikan rucah, 
  2. Usus ayam, 
  3. Kulit sapi, 
  4. Kulit kambing, 
  5. Bekicot, 
  6. Keong sawah, 
  7. Pur 
  8. dll.
Cara Panen Kepiting Bakau
Kepiting memang bisa bertahan hidup tanpa air, namun demikian kita harus benar-benar memperhatiakn kepiting tersebut, agar ketika panen kepiting yang kita budidayakan berkualitas baik caranya adalah : ikan dua capt kepiting tersebut berikut tubuhnya sebelum anda memasukan kedalam keranjang.

Jangan lupa untuk mencelupkan kepiting ke dalam air payau dengan salinitas 15-25‰ selama kurang lebih 5 menit sambil digoyang-goyangkan agar kotoran terlepas dan kelembapan kepiting tetap terjaga. Setalah itu kepiting disusun kembali di dalam wadah. tutuplah wadah dengan karung goni basah agar kelembapan tetap ada ketika dalam perjalanan menuju pasar.

Semoga artikel sederhana tentang Cara Budidaya Kepiting Bakau lengkap ini bermanfaat. Silahkan Share



Demikianlah Artikel Cara Budidaya Kepiting Bakau lengkap

Sekianlah artikel Cara Budidaya Kepiting Bakau lengkap kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Budidaya Kepiting Bakau lengkap dengan alamat link http://gobudidayaikan.blogspot.com/2016/07/cara-budidaya-kepiting-bakau-lengkap.html
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Budidaya Kepiting Bakau lengkap

1 komentar:


  1. Hot Promo Edenpoker, Bonus NEW MEMBER Rp.10.000,- + Bonus DEPOSIT 5%
    Nikmati promo menarik Edenpoker .co
    - Minimal deposit da withdraw Rp.15.000,-
    - Bonus Rollingan 0,3 - 0.5%
    - Bonus New Member RP.10.000,-
    - Bonus Deposit 5%
    - Bonus referral sebesar 10% seumur hidup
    Nikmati juga JACKPOT hingga Ratusan Juta Rupiah.
    Ajak temanmu sebanyak mungkin untuk bermain di Edenpoker, dan dapatkan 10% BONUS REFERRAL...
    Jadi Tunggu Apa lagi... Ayo Daftar Sekarang Juga,Ajak Teman-teman Kalian Dapat Bonus Juga.Poker Pelayanan Cepat dan Baik. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi Customer Service kami di :

    WA : +855 7863 3569

    LINK : WWW. Edenpoker .co

    LINK ALTERNATIF : WWW. Edenpoker .BET

    LINK ALTERNATIF : WWW. Edenpoker .CO .

    BalasHapus